Categories
motor otomotif

Rantai Motor Juga Perlu Dirawat

Ingin motor anda awet dan tetap berada pada kondisi prima, merawat dan membersihkan bagian motor sampai ke bagian-bagian kecil.

Rantai motor merupakan bagian motor yang sangat penting. Terlihat sepele namun rantai ini berfungsi untuk meneruskan daya dari mesin ke roda belakang.

Maka dari itu merawat rantai motor juga penting agar memperpanjang umur rantai dan menghidari rantai lepas dari gear set. Apalagi sampai rantai motor anda putus di tengah jalan, hal ini sangat membahayakan anda.

Selain ban, rantai motor menjadi salah satu bagian yang paling mudah kotor. Hal ini dikarenakan motor kerapkali terkena debu, pasir, air bahkan hingga lumpur sekali pun

Dengan rutin membersihkan bagian rantai yang kotor untuk menghindari karatan dan beberapa masalah pada rantai yang lain. Anda bisa menggunakan berbagai macam produk pembersih untuk membantu mengembalikan kinerja rantai motormu agar lebih optimal.

Perlu diingat jangan pernah menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Karena oli bekas memiliki kandungan kotoran yang membuat rantai menjadi tidak awet.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai. Siapa tahu rantai motoe anda sudah kendur atau jangan-jangan terlalu kencang. Kalau soal ini percayakan pada bengkel atau ahlinya.

Categories
bbm otomotif

bmw seri 4 akan hadir diindonesia

memperkenalkan BMW Seri-4 Coupe terbaru tahun lalu. Banyak tanggapan terkait wajah kontroversial dengan grille besarnya desain yang dipilih BMW untuk model-model unggulannya ke depan. Dalam waktu dekat, Seri-4 terbaru ini akan datang dan mewarnai jalanan di Indonesia.

akan meluncurkan model yang mereka sebut sebagai The 4, pada hari Kamis tanggal 17 Juni 2021. Seri-4 akan menjadi model generasi baru pertama yang akan diluncurkan oleh BMW Indonesia pada tahun ini. Karena sejauh ini sejak awal tahun 2021.

grille baru ini mempresentasikan desain klasik dari model legendaris 328 dan 3.0 CSi. Tidak hanya di depan, BMW pun membuat tampilan Seri-4 semakin tidak seragam dengan Seri-3, lewat visual yang ditonjolkan oleh LED lampu belakang.

BMW membekali mesin empat silinder 2.0 liter turbo sebagai varian entry level. Sebaliknya, M440i adalah opsi varian tertinggi di luar Seri M, yang di atas kertas menghasilkan output 382 hp dan 500 Nm dari mesin enam silinder inline 3.0 liter turbo.

Categories
motor otomotif

motor Moto Morini X-Cape 650 Masuk Pasar Asia

Morini X-Cape 650, yang ditenagai oleh mesin kembar paralel berpendingin cairan 650 cc. Motor Italia blasteran Cina ini kabarnya siap masuk pasar Asia dan Eropa.

Moto Morini tetap setia pada konsep desain aslinya. Tidak ada ubahan signifikan saat tampil di pameran otomotif Cina. Masih terlihat identik meski kabarnya teknologi mesin berbagi dengan perusahaan Tiongkok. Walau demikian, perancangan dan pengembangan motor tersebut dilakukan di markas pabrikan yakni di Bologna, Italia.

Sasis pakai model teralis. Sub frame tertutup rapi dengan bodi. Ukuran tubuhnya 2.190 x 905 x 1.390 mm (PxLxT). Wheelbase 1.470 mm, ketinggian kursi 820 mm, ground clearance 175 mm dan berat keringnya 213 kg. Makin berat kala diisi bahan bakar sebanyak 18 liter.

Menengok spesifikasinya, X-Cape 650 menggendong mesin berkapasitas 649 cc DOHC paralel-twin berpendingin cairan, dan sudah berstandar Euro 5. Bore x stroke: 83 x 60 mm dan kompresi 11.3:1. Semburan tenaga yang dihasilkan mencapai 60 hp pada putaran mesin 8.500 rpm dengan torsi 56 Nm pada 7.000 rpm.

perangkat suspensi depan pakai model upside berdiamter 50 mm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Belakangnya monochock dengan swingarm berbahan alumunium yang ringan dan kuat. Roda depan berukuran 19 inci dibalut ban tubeless 110/80 dan roda belakang 17 inci dengan ban 150/70.

Moto Morini memberinya double disc 298 mm dan 255 mm single disc. Masing-masing dijepit dengan 2 piston. Kedua penghenti laju disematkan peranti ABS dual channel dari BOSCH tipe ABS 9.1 Mb.

Categories
otomotif toyota

Toyota Land Cruiser 300 Series

Dijuluki 300 Series, Toyota Land Cruiser terbaru ini menggunakan platform GA-F Toyota, platform dari keluarga Toyota New Global Architecture.

Land Cruiser 2022 ini ditujukan untuk menciptakan pengalaman berkendara yang memungkinkan pengemudi mudah menangani semua jenis jalan tanpa mudah lelah.

300 Series menjadi penerus 200 Series yang meluncur sejak 2007. Mobil ini telah mengalami diet hingga bobotnya berkurang 200 kg dari bobot keseluruhan kendaraan, termasuk dari rangka dan bodinya.

Toyota Land Cruiser 300 Series tampak lebih kekar Di bagian eksterior, Land Cruiser terbaru ini mengedepankan keindahan fungsional yang sejalan dengan warisan Land Cruiser.

disediakan panel instrumen horizontal yang dengan mudah menangkap posisi kendaraan bahkan saat berkendara di luar jalan raya.

Fitur itu menawarkan pandangan segala rintangan di depan. Sementara Multi Terrain Select secara otomatis memilih mode berkendara yang paling cocok untuk jenis permukaan jalan yang terdeteksi.

dibekali fitur keselamatan yang dikemas dalam Toyota Safety Sense. Dua fungsi baru telah ditambahkan pada pre-collision system yang membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan dengan mendeteksi pejalan kaki (siang dan malam) dan pengendara sepeda (siang hari).

Land Cruiser baru telah mengadopsi Parking Support Brake, yang membantu mencegah kecelakaan dengan mengenali rintangan di depan dan belakang kendaraan di tempat parkir.

Categories
mobil bekas mobil murah otomotif tips mobil

tips untuk membeli mobil bekas

mobil seken bisa menjadi opsi menarik bagi konsumen yang ingin beli mobil impian dengan harga miring. Tapi perlu dicatat, mobil bekas biasanya memiliki sejumlah masalah, terutama di sektor mesin.

turun mesin adalah suatu istilah di dunia otomotif dalam menyebut proses pelepasan mesin dari badan mobil untuk kemudian diperiksa dan diperbaiki.

Mobil yang pernah turun mesin berarti sudah pernah mengalami kerusakan berat. Oleh karenanya, kamu disarankan untuk tidak membeli mobil bekas yang sudah pernah turun mesin.

bisa dilihat dari kondisi ruang mesin. Ruang mesin pada mobil yang pernah turun mesin biasanya terlalu bersih. Ini karena saat mobil melakukan overhaul, mesin akan diangkat untuk diperiksa dan diperbaiki. Saat perbaikan tersebut, ruang mesin pun akan dibersihkan.

bisa diperiksa dari kondisi baut-baut di ruang mesin. Cek baut yang melekat pada blok mesin, apakah masih utuh dan presisi? Sebab, baut blok mesin pada mobil yang pernah overhaul akan memiliki banyak goresan halus.

Saat melakukan turun mesin, mekanik bengkel harus membuka baut-baut tersebut. Ada kalanya baut-baut tersebut sulit dibuka karena usia pemakaian, hingga akhirnya proses tersebut menimbulkan goresan-goresan halus pada baut.

Mesin mobil yang tidak pernah turun mesin tidak akan menggunakan seal silikon. Proses perakitan dan penyatuan seluruh komponen mobil pada dasarnya dilakukan secara otomatis dengan bantuan robot.

Jika menemukan seal silikon, artinya mesin mobil sudah pernah dibongkar dan dirakit kembali. Seal silikon terbuat dari material cair yang lama-kelamaan mengeras menjadi semacam karet.

Categories
diskon ppnbm otomotif xpander

diskon ppnbm 50% dimulai bulan ini

1 juni 2021 100% untuk mobil baru tak berlaku lagi. Tapi, relaksasi pajak masih ada, berupa diskon PPnBM sebesar 50%.

diskon PPnBM untuk mobil 1.500 cc ke bawah dibagi menjadi tiga periode. Tahap pertama diberikan insentif PPnBM sebesar 100% dari tarif, atau PPnBM 0% sejak Maret 2021 yang berakhir Mei 2021 kemarin. Kemudian diikuti insentif PPnBM sebesar 50% dari tarif yang akan diberikan pada tahap kedua bulan Juni-Agustus.

Mitsubishi Xpander dan Mitsubishi Xpander Cross Keduanya dikenakan PPnBM sebesar Rp 14 jutaan sampai Rp 18 jutaan tergantung tipenya. Lalu, berapa harga Xpander dan Xpander Cross jika dikenakan diskon PPnBM sebesar 50% bulan ini.

Untuk diketahui, potongan PPnBM 50% di atas berlaku untuk Xpander dan Xpander Cross di luar warna putih. Khusus Xpander dan Xpander Cross warna putih dikenakan penyesuaian harga.

Permintaan terhadap Xpander dan Xpander Cross di luar perkiraan, dan mengakibatkan penundaan terhadap proses pengiriman kepada konsumen.

Kami melakukan usaha terbaik untuk mengakselerasi dan menyesuaikan permintaan dan ketersediaan, serta memastikan konsumen segera mendapatkan unit yang sudah dipesan